What's New

15 August 2017 | Useful articles

Pisang Untuk Makan Pagi?


Siapa yang tidak mengenal buah yang satu ini. Pisang adalah buah yang cukup mudah untuk didapatkan di supermarket bahkan mini market yang dekat dengan rumah Anda. Apakah Anda suka mengkonsumsi pisang sebagai makan pagi? Apakah benar pisang baik untuk dikonsumsi sebagai makan pagi?

Pisang mengandung karbohidrat, magnesium dan juga serat yang tinggi . Pisang juga mengandung kadar kalium tinggi yang baik untuk menurunkan tekanan darah secara alamiah, sehingga pisang sangat cocok dimakan untuk orang yang memiliki hipertensi tinggi.

Namun menurut Dr. Daryl Gioffre, pembuat diet AlkaMind, kepada Byrdie.com pisang mengandung kadar gula yang tinggi hingga 25% dengan tingkat kadar keasaman yang sedang. Dia mengatakan walaupun pisang dapat memberikan dorongan yang cepat, namun pada akhirnya dapat membuat Anda merasa cepat lelah.

Saran dari Dr. Gioffre adalah dengan memasangkan buah pisang dengan lemak sehat atau rempah-rempah untuk menetralisir efek negatifnya sehingga dapat membuat Anda untuk kenyang sampai makan siang. Anda dapat mengkombinasikan pisang sebagai topping oatmeal dan juga dengan roti bakar dengan selai kacang atau pelengkap yogurt bebas gula.

Pisang untuk energi (bahan bakar) sebelum berlatih di pagi hari 

Pisang mengandung karbohidrat dan gula tinggi alami, maka pisang sangat cocok untuk dikonsumsi sebelum latihan pagi. “Pisang adalah Energy Bar alamiah”, ujar Dr. Louise Burke, pakar Nutrisi Olahraga di Institiusi Olah Raga Australia (Australian Institute of Sport). Menurut Dr. Burke, kadar kalium tinggi membantu menjaga fungsi syaraf dan otot. Badan manusia tidak dapat menyimpan kalium dalam waktu yang lama dan kalium akan hilang setelah Anda melakukan latihan, sehingga asupan pisang yang cukup sebelum memulai latihan dapat membantu menjaga tingkat nutrisi tetap tinggi.

Manuel Villacorta, ahli nutrisi terkemuka dari Amerika Serikat, menyarankan Anda untuk mengkonsumsi pisang 30 menit sebelum Anda memulai latihan, karena tubuh Anda membutuhkan asupan karbohidrat dan juga protein. Anda juga dapat membuat smoothie pisang sehingga lebih mudah untuk dicerna di pagi hari.

Anda dapat melakukan latihan berikut di pagi hari setelah mengkonsumsi pisang, sehingga dapat membuat Anda lebih segar setelah latihan dan dapat melakukan aktifitas dengan lebih berenergi. 

Menu latihan pagi :

  • Plank (45 Detik)
  • Squat (20 Repetisi)
  • Sit Up (25 Repetisi)
  • Jumping Jack (35 Repetisi)
  • Lunges (15 Repetisi)
  • Squat on the wall (25 Detik)
  • Push Up (10 Repetisi)

 

Lakukan seluruh gerakan itu 1 set saja setiap pagi, supaya badan Anda lebih segar dalam menjalankan rutinitas harian. Selamat berlatih!



Artikel oleh Ken Girisya

Bagikan berita ini di media sosial :

Back