What's New

26 September 2017 | From our experts

Manakah Tipe Badan Kamu ?


Body tipe

ECTOMORPH

(LEAN & LONG, WITH DIFFICULTY BUILDING MUSCLE)

Definisi:

Ciri dari tubuh ectomorph diantaranya berbadan kurus, massa otot kecil, berat badan sulit naik walaupun memakan banyak kalori. Ciri lain dari ectomorph yakni memiliki ukuran pinggang yang kecil begitu juga dengan lebar bahu.

Tipe tubuh ectomorph butuh kerja keras dan kesabaran untuk menaikkan berat badan atau untuk membentuk tubuh yang ideal, diantaranya dengan rutin latihan angkat beban. Setelah terbentuk, tipe tubuh ini tetap harus menjaga bentuk tubuh dengan cara tetap rutin berlatih angkat beban dan diseimbangkan dengan tetap menjaga nutrisi makanan, terutama perbanyak protein.

Tipe ectomorph termasuk tubuh dengan metabolism tinggi sehingga mudah untuk membakar apa saja makanan yang dimakan, sangat mudah untuk menurunkan berat badan walaupun makan banyak, karena tubuh ectomorph tidak menyimpan lemak dalam tubuh.

Tipe latihan:

Strength training (latihan beban)

Calisthenic training (latihan berat badan sendiri)

Tipe Diet

Jangan melewatkan waktunya makan untuk alasan apapun dan Anda perlu makan lebih banyak dari biasanya. Hindari makanan junk food dan gorengan jika perlu. Makanlah makanan setiap 1 jam 30 menit (setidaknya 6 kali sehari) karena kuncinya adalah mengkonsumsi lebih banyak kalori daripada yang Anda bakar. Protein, karbohidrat dan rasio lemak dalam hal persentase kalori bisa 40% protein, 40% karbohidrat dan 20% lemak. Asupan karbohidrat kompleks seperti pasta, nasi, roti gandum, dan buah kering akan membantu Anda mendapatkan hasil maksimal. Minum banyak air untuk menjaga otot terhidrasi dan istirahat cukup juga diperlukan untuk mendapatkan berat badan dan kekuatan otot yang sempurna.

ENDOMORPH

(BIG, HIGH BODY FAT, OFTEN PEAR-SHAPED, WITH A HIGH TENDENCY TO STORE BODY FAT)

Definisi:

Ciri dari rubuh endomorph diantaranya bentuk badan yang bulat, gemuk, besar, berat badan sangat mudah naik namun sulit untuk diturunkan. Tubuh endomorph memiliki kandungan lemak yang tinggi dalam tubuh karena endomorph dapat menyimpan lemak dalam jumlah besar dalam tubuh. Ukuran paha dan pinggang tubuh endomorph cenderung lebih lebar.

Endomorph memiliki metabolism tubuh yang rendah sehingga berat badan mudah naik walau hanya makan sedikit makanan. Untuk membentuk tubuh yang ideal maka tipe endomorph harus diet sehat yang mengutamakan puasa dan berolah raga angkat beban karena dapat membakar kalori lebih banyak dan lebih cepat dari pada olah raga aerobic biasa.

Tipe latihan:

Endomorphs terutama perlu fokus pada penurunan berat lemak yang terkumpul dalam sel mereka. Mereka perlu mengangkat beban berat karena mengangkat beban kecil tidak membantu mereka dalam mehilangan lemak dengan mudah. Namun, mereka harus terus mengangkat beban berat hanya jika merasa nyaman. Mereka perlu untuk mendapatkan pertumbuhan otot dan menurunkan berat badan di bagian tengah tubuh dengan latihan yang efektif untuk mengurangi perut. Jadi, berolahraga pada latihan kardio akan memetik manfaat maksimal karena tujuan utama endos adalah membakar kalori

Tipe Diet

Orang-orang ini perlu berkonsentrasi membakar sejumlah besar lemak di tubuh mereka. Mereka perlu meningkatkan asupan makanan kaya serat dan makanan protein alami yang membantu mereka mengurangi kalori di tubuh mereka dan meningkatkan massa otot tanpa lemak. Mereka perlu menghindari makanan cepat saji dan gorengan serta menggantinya dengan minuman sehat dan banyak minum air. Batasi asupan lemak Anda sampai sekitar 20% dari total nilai kalori. Diet tipe tubuh endomorph harus mencakup karbohidrat seperti biji-bijian, buah-buahan, oatmeal, beras merah, ubi dll. 5 sampai 6 kali makan dalam sehari yang meningkatkan perilaku metabolik Anda. Menerapkan diet seperti itu benar-benar akan membantu endomorph untuk mendapatkan bentuk dan tubuh yang baik.

MESOMORPH

(MUSCULAR AND WELL-BUILT, WITH METABOLISM AND RESPONSIVE MUSCLE CELLS)

Definisi:

Ciri dari tubuh mesomorph adalah berat badan yang ideal sesuai dengan tinggi badan, tidak gemuk namun tidak juga kurus. Type tubuh mesomorph merupakan tipe tubuh ideal yang mudah untuk dibentuk menjadi atletis secara ideal. Tipe tubuh mesomorph cenderung sudah berotot walaupun tidak melakukan olah raga khusus seperti angkat beban, namun definisi otot tubuh mesomorph sudah terbentuk secara alami. Type tubuh ini sangat mudah untuk dibentuk karena keseimbangan metabolisme tubuhnya.

Kebanyakan tipe mesomorph tidak memiliki masalah yang serius dengan berat badan maupun bentuk badan, tipe ini hanya tergantung kepada si pemilik tubuh, apakah ingin mengolah menjadi tubuh yang lebih atletis atau hanya membiarkan begitu saja namun tetap terlihat bagus.

Tipe latihan:

Pelatihan untuk tipe tubuh mesomorph harus berat dan berat karena mereka sudah memiliki tubuh yang berotot dan memiliki stamina yang cukup. Dengan latihan yang berat tadi maka akan memudahkan tipe tubuh mesomorph mendapatkan tubuh lebih ideal.

Tipe Diet

Tidak ada tantangan besar bagi mesomorph dalam menjalani diet sehat. Yang harus mereka lakukan adalah mempertahankan diet seimbang seperti rencana makan 1200 kalori dengan karbohidrat 40%, protein ramping 30-40% dan lemak 20-30%. Anda perlu mempertahankan asupan kalori 500 kalori secara teratur selama tingkat perawatan Anda, dan jika Anda ingin menurunkan berat badan dalam kondisi yang diperlukan, Anda dapat mengurangi asupan kalori 200- 500 kalori per hari.

Lebih banyak karbohidrat dari buah kering, oatmeal, kentang dan makanan lainnya bisa dengan mudah didapat. Untuk memasukkan lemak sehat meningkatkan asupan kacang-kacangan, minyak biji rami, minyak zaitun, alpukat dan lain-lain, dalam makanan Anda.

Mesomorph diberkati dengan genetika yang baik sehingga semua jenis rencana diet akan sesuai untuk mereka. Mesomorph ditandai dengan tubuh yang kokoh dan berotot, tubuh atletis.



Artikel oleh Aris Suparta

Bagikan berita ini di media sosial :

Back